Kolaka Terkini

Kolaka Juara Satu STQH Tingkat Provinsi 2021

KolakaOnline –  Kafilah Kabupaten Kolaka yang berlaga dalam ajang Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) XXVI tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil mengukir prestasi. Kegiatan yang berlangsung di Kota Kendari itu menempatkan Kabupaten Kolaka sebagai juara satu setelah meraih lima medali emas, tiga perak dan lima perunggu.

Adapun posisi kedua ditempati Kabupaten Muna dengan perolehan 6 emas, 2 perak, 1 perunggu.

Sementara Kabupaten Konawe Utara bertengger di posisi ketiga dengan perolehan 4 emas dan 1 perak.

Kepastian Kolaka menempati juara satu diumumkan dalam kegiatan penutupan STQH di Zahra Syariah Hotel Kendari, Selasa (6/4/2021).

Penutupan kegiatan tersebut dihadiri Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas, Wakil Bupati Kolaka Muhammad Jayadin dan Kepala Kakanwil Kemenag Sultra Fesal Musaad.

Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin mengapresiasi prestasi kafilah Kabupaten Kolaka yang sudah berusaha memberikan hasil terbaik.

“Saya sebagai Ketua LPTQ merasa bahagia, senang, Kabupaten Kolaka bisa menjadi juara pertama,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Kolaka, katanya,  telah menyiapkan bonus bagi mereka yang berprestasi. Hal ini sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi pemerintah kepada kontingen yang telah berusaha dan berjuang mengharumkan nama daerah Bumi Mekongga.

Selain bonus, anak-anak yang mencetak prestasi akan mendapatkan pembinaan dan pelatihan.

“Bagi mereka yang belum berhasil menyumbangkan medali juga  akan diberi perhatian lebih. Sehingga ajang ini tak hanya melahirkan peserta berprestasi, tetapi mampu melahirkan anak-anak yang cinta Alquran dan hadis serta mengamalkannya dalam kehidupan,” ucapnya.

Ia berharap pemerintah provinsi bisa memberikan dukungan kepada mereka yang ditunjuk mewakili Sultra di Maluku Utara nanti.

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas mengapresiasi kegiatan tersebut. “Kabupaten Kolaka, Muna, Konawe Utara, selamat atas prestasi yang telah diraih. Ke depan mari selalu memantapkan dan meningkatkan keimanan,” kata Lukman.

Sementara itu, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan sebagai tuan rumah, ia sangat mendukung kegiatan ini sehingga terlaksana dengan lancar.

“Pelaksanaan berjalan dengan baik dan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Meski kami mendengar kabar ada peserta yang sempat sakit,” ujarnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sultra, Fesal Musaad mengatakan pemenang dalam ajang STQH XXVI ini akan mewakili Sultra pada ajang STQH tingkat nasional.

Dijadwalkan pelaksanaan STQH tingkat nasional tersebut berlangsung di Maluku Utara, pada Oktober 2021 mendatang.

“Kami memohon dukungan agar peserta dari Sultra bisa mengharumkan nama Sultra di tingkat nasional,” jelasnya.

STQH XXVI tingkat Provinsi Sultra  digelar sejak 2 April hingga 6 April 2021 di Masjid Raya Al Kautsar Kendari dan Zahra Syariah Hotel Kendari. Sejumlah perlombaan digelar, seperti tilawah, hifzil quran, tafsir quran, dan hadis quran.

Wartawan:Dadang























Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button