Jelang Ramadan, Harga Sembako Terpantau Stabil

  • Whatsapp

KolakaOnline- Personel Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kolaka bersama Asisten II Bidang Perekonomian dan Kepala Perum Bulog Kolaka melakukan pemantauan harga sembako menjelang bulan suci Ramadan di Pasar Mekongga Kolaka, Kamis (8/4/2021). Dalam pantauan itu, harga bahan pokok terpantau stabil. Komoditi beras masih berada di kisaran Rp 9.600 per kilogram hingga Rp.10.000 per kilogram.

Selain itu harga telur masih di kisaran Rp. 48.000 per rak, bawang merah dan bawang putih di angka Rp 30.000 per kilogram, sedangkan cabe besar dan kecil Rp 35.000 per kilogram. Untuk daging sapi Rp 125.000 per kilogram, sedangkan daging ayam Rp 30.000 per kilogram.

“11 bahan pokok yang kami pantau alhamdulillah belum ada yang mengalami  kenaikan yang signifikan, serta  belum ada barang yang langka. Bahkan harga beras terjadi penurunan,”ucap Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kolaka, Mustajab.

Kendati harga bahan pokok stabil, namun penurunan daya beli masyarakat cukup terasa. Ini terlihat dari sepinya aktivitas jual beli warga di Pasar Mekongga Kolaka akibat dampak pandemi Covid-19.

“Kami lihat ada sedikit dampak dari pandemi yakni berkurangnya daya beli masyarakat. Olehnya itu, saya berharap tidak ada masyarakat yang memanfaatkan momen ini menaikkan harga apalagi sampai menimbun bahan pokok  menjelang bulan suci Ramadan,”tegasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Perum Bulog Kolaka Deny mengatakan untuk stok bahan pokok khususnya beras masih sangat tersedia untuk persiapan menyambut bulan suci Ramadan 1442 H.

“Saat ini kami punya persediaan 200 ton di gudang Bulog, karena beberapa wilayah sepertiKoltim saat ini juga sudah memasuki panen raya, untuk tepung terigu kami akan dikirimkan stok dari Jawa Timur. Bahkan kalau tidak ada halangan, sebelum bulan puasa, tepung itu sudah ada di gudang kami,” pungkasnya.

Wartawan : Dadang









































Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *