Dinas Ketahanan Pangan Kolaka Kembangkan Rumah Pekarangan Pangan Lestari

  • Whatsapp

KolakaOnline- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kolaka terus mengembangkan Kawasan Rumah Pekarangan Pangan Lestari (RP2L). Bahkan  pada 2021, lembaga tersebut mendapatkan dana pusat dalam pembuatan empat lokasi baru RP2L.

Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kolaka, Ansyar Tambara mengatakan keempat lokasi RP2L pada 2021 itu berada di Kelurahan Pomalaa, Kelurahan Sabilambo, Desa Landaula dan Desa Tamborasi.

“Adapun anggaran per RP2L yaitu Rp 60 juta,” tutur Ansyar.

Ansyar mengatakan, selain anggaran pusat, Dinas Ketahanan Pangan Kolaka juga mendapatkan program RP2L dana DAK nonfisik untuk dua kelompok dengan anggaran Rp  70 juta.

“Kegiatan ini akan dimulai April 2021. Adapun kelompok penerima bantuan tersebut  wajib menyiapkan
rumah bibit, demplot, pertanaman di setiap rumah. Dana yang diberikan juga digunakan untuk pascapanen, pemasaran dan kemasan,” tutur Ansyar.

Manfaat RP2L sebenarnya sangat bagus karena bisa memanfaatkan lingkungan atau pekarangan yang tidur, serta bisa menekan pengeluaran ibu rumah tangga dan menambah pendapatan dengan menjual hasil tanamannya.

“Untuk keberhasilan RP2L di Kolaka, Dinas Ketahanan menggandeng penyuluh untuk melakukan pendampingan di kelompok kelompok,” tambahnya

Program RP2L masuk di Kolaka sejak 2010. Namun pencapaian dari 100 desa dan 30 kelurahan sampai saat ini baru mencapai 40 persen.

“Sebenarnya Dinas Ketahanan Pangan Kolaka ingin di setiap desa dan kelurahan mempunyai RP2L, hanya  memang karena anggaran APBD terbatas sehingga program ini belum merata ke semua desa,”tutur Ansyar.

Wartawan : Dadang









































Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *