Kolaka Terkini

Dinas Kesehatan Kolaka Bangun Puskesmas Prototype

KolakaOnline-   Pemerintah Kabupaten Kolaka melalui Dinas Kesehatan akan  membangun puskesmas prototype di Kelurahan Sea pada 2021. Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan di Bumi Mekongga.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Drs Harun Masirri mengatakan pembangunan puskesmas prototype tersebut akan menelan anggaran  sebesar Rp 7 miliar.

“Pembangunan puskesmas baru di Kolaka saat ini sudah proses lelang, diprediksi pada akhir April akan dilakukan tahapan pembangunannya,” ujar Harin, Jumat (9/4/2021).

Harun mengungkapkan anggaran yang dipakai untuk membangun gedung itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) pusat. Dengan pembangunan puskesmas itu,  pemerintah diharapkan bisa memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat.

“Puskesmas prototype ini nantinya  dilengkapi ruang observasi. Bahkan dalam kondisi tertentu kami siapkan perawatan khusus. Di puskesmas tersebut juga ada nuansa kearifan lokal,” tambah Harun.

Karena posisi puskesmas di tengah masyarakat, maka dampak lingkungan  pasti ada. Namun pemerintah sudah menyiapkan strategi untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan.

“Kami akan siapkan analisis mengenai dampak lingkungan(Amdal) dan  Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL),” ulasnya.

Saat ini, pihaknya sedang memproses Amdal pembangunan puskesmas dan diprediksi sebelum  pembangunan dilaksanakan, Amdal sudah rampung.

“Kami berharap pembangunan puskesmas ini bisa memberikan dampak positif pada pelayanan kesehatan masyarakat khususnya di Kecamatan Latambaga dan Kecamatan Kolaka,” pungkasnya.

Wartawan :Dadang























Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button