Cegah Kerumunan di Pasar Jelang Idulfitri, Pemkab Kolaka Siagakan Personel

  • Whatsapp

KolakaOnline- Pemerintah Kabupaten Kolaka terus berupaya melakukan penanggulangan pandemi Covid- 19. Bahkan menjelang hari raya Idulfitri, pemerintah akan berupaya supaya warga tidak terlalu menumpuk dalam berbelanja di pasar guna mencegah penyebaran virus mematikan tersebut.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kolaka Bustan mengakui kerumunan di pasar menjelang hari raya Idulfitri  pasti akan terjadi.

“Ini adalah budaya. Mulai ibu -ibu yang akan membeli persiapan lebaran, hingga muda mudi dan anak anak yang akan membeli baju baru, pasti akan terkumpul menjadi satu di pasar,” ujar Bustan.

Bustan mengaku untuk mengurai kerumunan di Pasar Raya Mekongga dan lokasi lain, BPBD Kolaka akan membuat posko bersama di Pasar Utama Kolaka .

“Kami akan membentuk posko pemantauan yang personelnya terdiri dari Bapenda,BPBD, Satpol PP, TNI dan Polri. Selain standby, nantinya petugas akan melakukan patroli di dalam pasar untuk melakukan penguraian masyarakat yang berkumpul,” tambah Bustan.

Petugas juga akan bertindak tegas kepada masyarakat atau pedegang yang mengabaikan protokol kesehatan dengan tidak menggunakan masker.

“Jika kami dapatkan warga tidak pakai masker, kami akan instruksikan mereka untuk mencari masker, kami tidak akan berikan masker lagi. Mereka harus mencari sendiri. Kami juga akan berupaya untuk mengontrol kapasitas pasar hanya 50 persen warga yang akan belanja. Pokoknya kami akan ketat masalah ini, kita tidak mau seperti negara India yang saat ini ribuan masyarakatnya mati karena wabah Covid-19,” tutur Bustan.

Wartawan:Dadang









































Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *