Kolaka Terkini

Dinkes Kolaka Temukan Produk Kedaluwarsa

KolakaOnline- Tim dari Dinas Kesehatan Kolaka melakukan pengecekan produk yang dijual oleh para pengusaha ritel di Kolaka. Tim tersebut dipimpin langsung  Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Drs Harun Masirri didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan Kolaka  Hj Asmaria Ibrahim. Dalam pengecekan tersebut, masih ditemukan produk pajangan yang kedaluwarsa.

Harun mengatakan, kegiatan pemeriksaan produk makanan layak konsumsi adalah agenda tahunan sebelum Ramadan dan sebelum Idulfitri.

“Saya kira kegiatan ini efektif dilakukan karena setiap tahun temuan makanan yang tidak layak konsumsi semakin berkurang. Kita tidak pungkiri kalau kita juga menemukan makanan kedaluwarsa masih dipajang,” tuturnya tanpa menyebutkan tempat ditemukannya produk kedaluwarsa, Kamis (6/5/2021)

Harun mengungkapkan kegiatan yang mereka laksanakan ini  bertujuan untuk melindungi konsumen dari produk yang tidak memenuhi syarat seperti  kedaluwarsa, tidak terdaftar di BPOM atau tidak memiliki IRT.

“Makanan yang didapatkan akan diamankan dan toko tersebut akan dilakukan pembinaan dan teguran. Intinya para pengusaha tidak boleh memajang bersamaan produk yang tidak layak untuk dijual dengan produk yang baik. Kami tadi melakukan pemantauan di Alfamidi, Toko Mulia Jalan Pramuka, Swalayan MGM dan TOP Swalayan Kolaka,” ujar Harun

Selain bahan makanan yang dipajang, petugas Dinkes Kolaka juga melakukan pemeriksaan gudang penyimpan barang.

“Gudang perlu kita periksa karena sumber barang dari gudangnya, apakah bersih atau bagaimana. Gudang juga harus baik sesuai dengan produknya. Misalkan deterjen tidak boleh disatukan dengan makanan,” tutur Harun.

Harun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap teliti jika membeli bahan makanan di toko atau tempat lainnya.

“Pastinya hasil yang ditemukan hari ini akan diberikan teguran,  berupa teguran tertulis atau pembinaan di lapangan. Setelah itu kita akan tindaklanjuti dan melakukan evaluasi. Dalam waktu dekat, BPOM juga akan melakukan pemeriksaan kembali,” tambah Harun. (***)

Wartawan : Dadang























Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button