Kolaka Terkini

Kemenag Lakukan Rukyatulhilal di Pantai Wolulu Watubangga Besok

KolakaOnline- Kementerian Agama (Kemenag)  Kabupaten Kolaka akan melakukan rukyatulhilal. Pelaksanaan pemantauan hilal untuk menentukan  1 Syawal 1442 Hijriah ini akan dilaksanakan di tepi pantai Kelurahan Wolulu Kecamatan Watubangga, Selasa (10/5/2021).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kolaka H.Baharuddin kepada KolakaOnline.com mengatakan pelaksanaan pemantauan hilal memang setiap tahun dilakukan,baik itu penetapan 1 Ramadan maupun 1 Syawal.

“Memang satu- satunya lokasi pemantauan hilal di Sulawesi Tenggara itu hanya di Kabupaten Kolaka tepatnya di  Kelurahan Wolulu Kecamatan Watubangga,” ujar Baharuddin.

Rencananya, kata dia,  tim hisab rukyat Kanwil Kemenag Sultra akan melaksanakan pemantauan usai salat asar. Semua tim nantinya sudah berkumpul di lokasi tersebut.

“Karena ini masih kondisi pandemi, kita tidak banyak mengundang banyak orang. Hanya perwakilan dari organisasi Islam, pemerintah daerah, Majelis Ulama Indonesia, dan pemerintah kecamatan yang kami undang. Untuk petugas dari provinsi ada perwakilan dari Kakanwil Kemenag Sultra, Bidang Urais dan tim hisab rukyat,” tambahnya.

Mengenai peralatan untuk melakukan pemantauan, Baharuddin mengaku semua berasal dari Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Untuk pemantauan itu ada dua sistem yaitu manual dan komputerisasi. Ada memang alat teropong yang dipasang biasanya sekitar tiga unit. Sehingga tamu undangan bisa menyaksikan langsung kondisi bulan apakah terlihat atau bagaimana. Kegiatan ini tentu akan tetap patuh pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” tambahnya.

Wartawan :Dadang























Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button