Kolaka Terkini

Kampung Cokelat dan Rajutan Tali Kur Kolaka Tembus Nominasi API

KolakaOnline- Rajutan tali kur khas Kabupaten Kolaka dan ekowisata kampung cokelat masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021.

“Ada 10 yang kami usulkan untuk API 2021. Namun yang masuk nominasi hanya dua, yakni rajutan tali kur untuk kategori cendera mata dan kampung cokelat untuk kategori ekowisata,” kata Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kolaka Andi Zulkanain, Selasa (15/6/2021)

Menurut Zulkarnain, rajutan tali kur merupakan hasil karya seni yang bernilai ekonomis. Rajutan ini dikembangkan oleh para pengrajin yang dijadikan sebagai produk unggulan dan ajang promosi serta dibina oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Cenderamata rajutan tali kur dapat menambah perekonomian warga.

“Rajutan tali kur khas Kabupaten Kolaka ini dapat ditemukan sebagai cenderamata di berbagai tempat wisata di Bumi Mekongga ini,” katanya.

Adapun kampung cokelat yang berada di Kota Kolaka merupakan bagian dari destinasi wisata andalan Kabupaten Kolaka. Didalam kawasan ini dilakukan budidaya tanaman cokelat hingga proses pengolahan buah pasca panen, juga terdapat industri pengolahan buah coklat menjadi bubuk cokelat.

“Karena itu, kami meminta bantuan dari berbagai pihak untuk mendukung rajutan tali kur khas Kolaka dan kampung cokelat yang masuk nominasi API 2021,” harap Zulkarnain. (**)

Wartawan: Dadang























Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button