Kolaka Terkini

Target 1.000 TPQ di Kolaka, Bupati Ingin Warga Muslim Bisa Mengaji

KolakaOnline- Program 1.000 Taman Pendidikan Al- Qur’an  (TPQ) dalam masa kepemimpinan Bupati Kolaka H.Ahmad Safei dan Wakilnya H.Muh. Jayadin masih terus berjalan.

Kepala Bagian (Kabag)  Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kolaka H.Andi Panguriseng mengatakan program  tersebut terus digenjot. Pada Juni 2021 ini saja, sudah  800 TPQ yang dibentuk.

“Alhamdulillah,  bagian kesra sudah melakukan pendampingan dan pendataan pada TPQ yang ada di Kolaka,” tutur Andi.

Selain TPQ, Pemerintah Kabupaten Kolaka juga melakukan pendampingan dan pendataan pada pondok pesantren yang ada di Bumi Mekongga ini.

“Untuk jumlah pondok pesantren saat ini ada 20 pondok, semuanya adalah pencetak penghafal Quran,” kata Andi.

Bukan hanya melakukan pengawasan dan pendataan, pihaknya juga memberikan insentif kepada para pembina TPQ. Kemudian untuk pondok pesantren juga ada perbaikan di pondoknya.

“Untuk insentif penanggung jawab  TPQ  adalah Rp. 350 ribu satu bulan per orang.  Untuk penerimanya itu langsung di rekening para guru mengaji. Untuk TPQ yang ada di kelurahan itu menggunakan APBD sedangkan di desa menggunakan ADD,” tambahnya.

Andi Panguriseng mengaku tetap berupaya mewujudkan pencapaian 1.000 TPQ sebelum berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka.

“Insyaallah, sebelum berakhir masa jabatan udah ada 1000 TPQ di Kolaka. Tujuan 1.000 TPQ ini adalah agar masyarakat Kolaka yang beragama Islam bisa membaca dan mengetahui Al-Qur’an, itulah tujuan mulia Bupati dan Wakil Bupati Kolaka,” tambah Andi. (***)

Wartawan: Dadang























Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button