Kolaka Terkini

PLN Serahkan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Senilai Rp 670 Juta

KolakaOnline- Perusahaan Listrik Negara (PLN) UIKL Sulawesi -UPDK Kendari menggelar acara  penyerahan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) 2020 di Kompleks Pembangkit Listrik Mikro Hidro Sabilambo Kabupaten Kolaka, Selasa (29/6/2021). Total anggaran yang digelontorkan dalam TJSL 2020 ini sebesar Rp. 670 juta yang terbagi menjadi 10 program kegiatan  dan disebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara.

Manajer UPDK Kendari, Muh. Rusli Zain mengatakan kegiatan yang dilaksanakan  PT PLN  ini merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap sosial dan lingkungan.

“Alhamdulilah kita bisa berkumpul di lokasi pembangkit Tenaga Listrik Mikro Hidro ini untuk melaksanakan kegiatan seremonial penyerahan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) 2020 se-Sulawesi Tenggara,” tutunya.

Rusli mengatakan  10 kegiatan yang diakomodasi dalam program TJSL ini meliputi bantuan peralatan ruang pembelajaran ruang Tahfiz Ubay bin Ka’ab di Kendari, pemberdayaan kelompok tani Griya Asri Cendana melalui tanaman hidroponik dan home industri jus hidroponik di Kendari, bantuan peralatan bank sampah induk berkah mandiri di Kendari, bantuan usaha kelompok nelayan karamba ikan Desa Lambara Kabupaten Konawe Kepulauan, bantuan peralatan bank sampah induk Unaaha Konawe, bantuan peralatan dan rehabilitasi magrove Desa Nii Tanasa Konawe, bantuan program transpalasi terumbu karang Desa Nii Tanasa  Konawe, dan bantuan penyediaan air bersih masyarakat Mantowu Kabupaten Buton.Selain itu ada juga bantuan penghijauan hutan lindung daerah aliran sungai (DAS) di Kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka serta bantuan usaha kelompok nelayan Lagundi Kecamatan Wangiwangi  Kabupaten Wakatobi.

“Dari 10 program kegiatan itu, anggaran yang kami siapkan sebanyak Rp. 670 juta,” tuturnya.

Rusli menjelaskan bantuan penghijauan hutan lindung daerah aliran sungai (DAS) di Kecamatan Wolo berada di Desa Ulurina. Adapun  luasan penghijaun DAS sekira  11 hektare.

“Ini program berkelanjutan. Insyaallah mohon doanya semoga kami bisa lakukan kegiatan ini setiap tahun,” katanya.

Rusli berharap kepada masyarakat penerima program agar bisa membantu perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Kemudian bisa menciptakan lapangan kerja.

“Untuk penanaman pohon  (di Desa Ulurina) ini kami bersinergi dengan masyarakat . Karena apa yang kami lakukan tidak bisa berjalan tanpa peran masyarakat yang paling utama,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kolaka H. Muh Jayadin sangat bersyukur karena PLN telah menyalurkan kegiatan sosial rehabilitasi daerah aliran sungai di Kabupaten Kolaka.

“Saya akui memang banyak DAS yang ada di Kolaka telah dirambah, dan perlu untuk direhabilitasi dengan (kegiatan) penghijauan,” tutur Jayadin.

Dengan adanya kegiatan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) 2020, tentu akan memperbaiki DAS yang ada di Kolaka khususnya di Kecamatan Wolo.

“Kegiatan seperti ini di tengah pendemi, pasti akan membawa dampak perekonomaian. Karena dengan program ini pasti masyarakat akan mendapat sesuatu minimal bisa menyambung kehidupan di tengah pandemi Covid-19 ini,” tuturnya. (**)

Wartawan:Dadang























Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button