Kolaka Terkini

Cegah Penularan Covid, Kades di Watubangga Diminta Awasi Warga Baru

KolakaOnline- Seluruh kepala desa (Kades) di Kecamatan Watubangga Kabupaten Kolaka diminta untuk mengawasi ketat warganya terutama yang datang dari luar daerah. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya warga yang terjangkit virus corona.

Camat Watubangga Guntur Suhandoko mengatakan, pihaknya telah mengetahui bahwa ada dana minimal delapan persen dari dana desa untuk melakukan pencegahan dan penataan ekonomi di masa pendemi Covid-19.

“Jadi kades harus mengaktifkan kembali tim gugus desa pencegahan Covid 19,” tutur Guntur.

Guntur mengingatkan kepada seluruh kepala desa agar mengantisipasi penyebaran virus corona yang sudah meluas di Indonesia.

“Salah satu hal yang ditekankan terutama kepada para kepala desa agar selalu mengetahui pergerakan arus keluar-masuk warga dari luar daerah. Apalagi ini menjelang Iduladha, pasti banyak warga baru berdatangan,”tegas Guntur.

Guntur menambahkan, jika ada warga yang datang dari luar, maka mereka wajib melapor dan didata pada posko gugus tugas yang ada. Selanjutnya dilakukan karantina atau isolasi diri secara mandiri.

“Jika ada gejala Covid-19 segara laporkan ke kecamatan supaya cepat ditangani,” tutur Guntur.

Masyarakat juga diminta kooperatif untuk jujur melapor dan mengawasi, serta tak perlu takut ataupun malu jika anggota keluarganya terindikasi gejala Covid-19.

“Penyakit ini bukanlah aib malah dengan melapor kita justru membantunya untuk kembali pulih dan juga turut berpartisipasi menjaga masyarakat yang lebih luas agar terhindar dari wabah ini,”terangnya.

Guntur  meminta warga mematuhi aturan standar atau protokol pencegahan dan penanganan wabah Covid-19.

“Saya minta warga untuk bekerja sama dengan pemerintah dalam menangani wabah ini sehingga dampaknya dapat diminimalisir khususnya di Kecamatan Watubangga,” tuturnya (***)

Wartawan:Dadang











Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button