Kolaka Raih Predikat Kabupaten Layak Anak

  • Whatsapp

KolakaOnline- Perjuangan Pemerintah Kabupaten Kolaka mendapatkan predikat kabupaten layak anak selama enam tahun membuahkan hasil. Kini, Bumi Mekongga dinobatkan sebagai kabupaten layak anak pada 2021.

Kepala Dinas Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kolaka Hj. Andi Wahidah kepada kolakaonline.com membenarkan informasi tersebut.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras semua pihak, Kolaka bisa meraih predikat kabupaten layak anak pada 2021 ini,” ujar Andi Wahidah, Selasa (27/7/2021).a

Ia berharap predikat ini bisa dipertahankan pada tahun mendatang.  Menurutnya ada ada lima claster yang menjadi penilaian kabupaten layak anak. Kelimanya adalah hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan pemanfaatan waktu luang dan budaya serta perlindungan khusus.

Dalam pemenuhan  hak anak, katanya, seorang  anak wajib mempunyai hak  hidup, tumbuh dan berkembang, berpartisipasi dan mendapat perlindungan dari kekerasan, hak atas suatu nama sebagai identitas diri berstatus kewarganegaraan,  hak untuk beribadah menurut agamanya serta hak memperoleh layanan kesehatan dan pelayanan sosial.

“Saya berharap stakeholder bisa mempertahankan ini, agar Kabupaten Kolaka bisa terus menjadi kabupaten layak anak. Untuk di Sulawesi Tenggara hanya ada dua kabupaten yang meraih predikat ini Kota Kendari dan Kabupaten Kolaka,” tuturnya.

Andi  mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kolaka yang selalu membimbing dan mendukung terwujudnya kabupaten layak anak.

“(Kami juga menyampaikan terima kasih kepada) teman teman DPRD, semua kepala dinas, camat, desa dan kelurahan dalam mendukung pemenuhan hak hak anak. Penyerahan penghargaan ini insyaallah akan di laksanakan pada Kamis (29/7/2021) oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak secara virtual nanti,” tambahnya. (***)

Wartawan : Dadang





















































Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *