BNN dan Rutan Kolaka Geledah Ruang Tahanan

  • Whatsapp

Kolakaonline- Rumah Tahanan Kelas IIB Kolaka bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kolaka melakukan penggeledahan ruang tahanan Selasa (12/10/2021) malam.

Kegiatan rutin ini dilakukan untuk mencegah peredaran narkotika di lingkungan Rutan Kelas IIB Kolaka.

Selain menggeledah, petugas juga melaksanakan pemeriksaan urine kepada  sejumlah warga binaan dan personel Rutan Kelas II B Kolaka.

Warga binaan yang dites urine dilakukan secara acak. Tercatat, ada 70 warga binaan yang dites urine. Hasilnya, 69 negatif dan satu orang  warga positif benzo. Namun setelah ditelusuri, warga binaan yang positif benzo ini habis mengonsumsi obat flu.

Selain warga binaan, 22 pegawai Rutan juga menjalani tes urine dan  hasilnya  negatif.

Kepala Rutan Kolaka Tutut Jemi Setiawan kepada wartawan mengatakan kegiatan penggeledahan  ini merupakan agenda rutin Rutan Kolaka.

“Kegiatan pengeledahan ini sering dilakukan. Bahkan dalam sebulan bisa mencapai empat kali.  Tujuan utama (penggeledahan ini) untuk mencari narapidana yang kemungkinan menggunakan narkoba,” tutur Tutut.

Di Rutan Kolaka terdapat 13 sel pria dan 1 sel wanita. Dalam penggeledahan itu, petugas BNN dan Rutan Kolaka tidak mendapatkan narkoba tetapi menemukan  barang lainnya seperti paku, silet, gunting  dan pisau kater.

“Barang tersebut kita sita dan kami akan telusuri mengapa barang yang dilarang seperti itu bisa masuk ke dalam sel,” tuturnya.

Tutut berharap kegiatan penggeledahan ini bisa  menciptakan Rutan Kelas IIB Kolaka  yang bebas dari narkoba.

“Kita akan terus bersinergi untuk melakukan pemantauan dan pencegahan kemungkinan masuknya narkoba ke dalam rutan,” tuturnya. (***)

Wartawan : Dadang













Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *