Kolaka Terkini

Dinkes Kolaka Gelar Pertemuan Peningkatan Tes, Lacak dan Isolasi Covid- 19

KolakaOnline- Pemerintah Kabupaten Kolaka melalui Dinas Kesehatan menggelar pertemuan sosialisasi tes lacak dan isolasi (TLI) Covid-19, Jumat (29/10/2021). Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu hotel  di Kolaka ini menghadirkan empat narasumber. Dua narasumber di antaranya berasal dari
kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kepala Dinas Kesehatan Drs. Harun Masirri yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, upaya  pelacakan (tracing) dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran Covid-19 dengan melacak kontak erat dari kasus terkonfirmasi.

Harun berharap keberadaan tracer atau petugas yang melakukan pelacakan  mampu meningkatkan akurasi data di lapangan sehingga dapat meminimalisir kesenjangan data yang ada.

“Babinsa dan Babinkamtibmas sebagai salah satu figur yang dekat dengan masyarakat dan memiliki kemampuan untuk melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat, kita harap mampu mempercepat proses pelacakan untuk kasus Covid-19 di Kolaka,” tambahnya.

Kegiatan sosialisasi ini sendiri menghadirkan peserta dari tracer, surveilans dan penanggung jawab TLI (Tes Lacak Isolasi) Puskesmas serta Babinsa dan Bhabinkatibmas.

Sementara itu ketua panitia pelaksana 
H. Agus Suyanto SKM mengatakan kegiatan  ini dilaksanakan selama satu hari dengan jumlah peserta 110 orang mulai dari petugas kesehatan di Puskesmas, petugas Dinas Kesehatan,Babinsa dan Babinkantibmas.

Dalam kegiatan ini pihaknya  menghadirkan dua narasumber dari Kementerian Kesehatan yaitu Syefira Salsabila bagian Helpedesk Silacak  dan dari Dinas Kesehatan Profinsi Sulawesi Tenggara Sitti Sudriani bagian Pengelolaan Data Dinas Kesehatan Provinsi Sultra.

Syefira menyajikan  materi  aplikasi Silacak, aplikasi mobile yang digunakan untuk pelaksanaan tracing kasus konfirmasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh Puskesmas dan terhubung ke Kementerian Kesehatan. Adapun Sitti Sudriani membawakan materi tentang  strategi tes, lacak, dan isolasi (TLI) dan vaksinasi dalam upaya pengendalian Covid-19.

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Harun Masirri dan H. Agus Suyanto SKM turut menjadi pemateri.

“Harapan kami kegiatan ini membawa manfaat dalam pengendalian Covid-19 di Kolaka,” tuturnya. (**)
Wartawan: Dadang























Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button