Kolaka Terkini

Politeknik Kolaka Rakor Program Menara Vokasi 

KolakaOnline-  Politeknik Kolaka menggelar rapat koordinasi program menara vokasi,  Jumat (5/11/2021) bertempat di kampus Politeknik Kolaka.

Kepala Bappeda Kolaka,Sjamsul Kadar mengatakan rapat koordinasi ini untuk menyahuti program Dirjen Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Sebelumnya, kata dia,  telah dilaksanakan rapat bersama Dirjen Vokasi Kemendikbud RI di Semarang pada 28 sampai 30 Oktober 2021 guna membahas program tersebut.

Program menara vokasi sendiri merupakan bentuk perhatian Kemendikbudristek melalui Dirjen Vokasi dalam membantu mengangkat ekonomi masyarakat pada suatu daerah tertentu melalui percepatan (akselerator) dengan melibatkan pihak pemerintah daerah, dunia usaha dan dunia industri (DUDI), sekolah kejuruan/vokasi, komunitas serta media massa lokal.

“Program menara vokasi menjadi model di Indonesia. Dan Kabupaten Kolaka menjadi salah satu pilot project (pengembangan program menara vokasi),” akunya.

Dipilihnya  Kolaka menjadi pilot project program menara vokasi karena  sudah mempunyai program studi politeknik dan adanya keterlibatan dunia usaha, masyarakat dan  UMKM.

“Kita berharap nanti pada dua tiga tahun kedepan tidak ada lagi namanya orang yang sulit mendapatkan pekerjaan. Tetapi tentu di dalam pelaksanaanya, tidak semua (warga) diterima di dunia industri karena semua manusia tidak sama keterampilannya. Tetapi yang pasti Politeknik Kolaka mempersiapkan generasi agar SDM di Kolaka mumpuni,” kata Sjamsul. (***)

Wartawan : Dadang























Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button