Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka Sebar 75 Ekor Sapi ke Tujuh Kecamatan

  • Whatsapp

Kolakaonline- Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kolaka   mendistribusikan 75 ekor sapi kepada kelompok ternak di tujuh kecamatan di Kabupaten Kolaka pada 2021 ini.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka Hasbir Jaya Razak mengatakan  sapi yang disalurkan kali ini merupakan sapi jenis Bali dan  diserahkan langsung ke kelompok.

“Alhamdulillah pada 2021 ini kita bisa rampungkan kegiatan penyerahan bantuan sapi dengan jumlah 75 ekor,” tutur Hasbir, Selasa (17/11/2021)

Bantuan ternak sapi pada 2021 ini berbeda dengan yang sebelumnya. Pasalnya setiap kelompok ternak wajib menandatangani perjanjian dengan Dinas Perkebunan.

“Isi perjanjian dengan kelompok itu yaitu, anak kedua dan keempat dari sapi tersebut akan dikembalikan ke Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka.  Kemudian  induk anak pertama akan menjadi milik peternak. Nantinya anak sapi dari bantuan tersebut akan diserahkan kembali kepada kelompok lainnya,” tuturnya.

Kelompok ternak kecamatan yang beruntung mendapatkan bantuan yaitu Toari, Watubangga, Polinggona dan Tanggatada, Pomalaa, Samaturu dan Latambaga.

“Bantuan ini terus kita kontrol, dan kami ingatkan kepada penerima bantuan jika ada yang menjual sapi tersebut maka peternak wajib mengganti sapi bantuan tersebut,” tambahnya.

Ia berharap bantuan sapi itu bisa menambah populasi sapi di Kabupaten Kolaka.

“Sesuai data yang ada, jumlah ternak sapi di Kolaka sekitar 23. 306 ekor  yang  tersebar di 12 kecamatan,” tuturnya. (***)













Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *