BP Jamsostek Kolaka Sosialisasi Prosedur Penanganan Kecelakaan Kerja

  • Whatsapp

KolakaOnline- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kolaka menggelar sosialisasi prosedur penanganan kecelakaan kerja dan nonton bareng bersama petugas  Rumah Sakit Benyamin Guluh (RSBG) serta seluruh Puskesmas Kabupaten Kolaka.

Penanganan kecelakaan kerja disosialisasikam dengan pemutaran video di bioskop Platinum Cineplex Kolaka, Kamis (18/11/2021)

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Harun Masirri dan Direktur RS Benyamin Guluh yang diwakili oleh  Kabag Pelayanan RSBG dr. Julianita, SpTHT, .

Adapun penyampaian materi sosialisasi  disampaikan oleh Manager Kasus Kecelakaan Kerja-Penyakit Akibat Kerja (KK-PAK) BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Tenggara Rian Septiana dan diikuti peserta dari perwakilan pihak Rumah Sakit Benyamin Guluh dan seluruh Puskesmas Kolaka.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kolaka, Bachtiar Asyhari menjelaskan, BPJS Ketenagakerjaan mengemban amanah penyelenggara jaminan sosial tenaga kerja sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011.

” BPJS Ketenagakerjaan mempunyai perlindungan dan peningkatan kesejahteraan serta peningkatan kualitas hidup tenaga kerja dengan lima program yaitu, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (IKM), Jaminan Hari Tua JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP),” tuturnya.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan dapat menjangkau seluruh masyarakat Kolaka. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan peserta demi terselenggaranya kesehatan kerja secara optimal dan mudah dijangkau masyarakat pekerja.

“Jika fasilitas kesehatan khusunya RS dan puskesmas bisa bersinergi dalam pelayanan kecelakaan kerja, maka para peserta BPJS Ketenagakerjaan akan lebih mudah dalam pengobatan kecelakaan kerja,” tambah Bachtiar Asyhari.

Direktur RSBG dr. Muh Rafi yang diwakili  oleh Dr. Julianita, SpTHT , menyambut baik sosialisasi ini agar bisa saling memahami.

“Dengan sosialisasi ini akan membuka wawasan baru terkait penanganan kecelakaan kerja ,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Drs. Harun Masirri  juga mengapresiasi kegiatan ini.

“Karena dengan adanya kegiatan ini bisa menambah pengetahuan para tenaga medis mengenai prosedur penanganan kecelakaan kerja khusunya di Puskesmas yang tersebar di seluruh Kabupaten Kolaka,” tambahnya. (***)

Wartawan : Dadang













Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *