Dinkes Kolaka- Camat Samaturu Bentuk Desa Percontohan Germas di Desa Kaloloa

  • Whatsapp

Kolakaonline – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolaka dan Camat Samaturu Kamal Arif membentuk desa percontohan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Desa Kaloloa Kecamatan Samaturu Kabupaten Kolaka, Kamis (28/7/2022) di Gedung Pertemuan Kantor Desa Kaloloa.

Pembentukan desa percontohan Germas di Desa Kaloloa ini merupakan yang pertama di Kabupaten Kolaka. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan masyarakat desa yang lebih sehat secara mandiri dan berkelanjutan.

Bacaan Lainnya



Kegiatan itu sendiri dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Harun Masirri, Camat Samaturu Kamal Arif, Kepala Desa Kaloloa Suprianto, Kepala Puskesmas Tosiba Abdul Rauf dan Babinsa Samaturu Syamsur, kepala dusun di Desa Kaloloa, tokoh masyarakat, tokoh agama, TP-PKK Desa Kaloloa, kader kesehatan, aparat desa, tokoh masyarakat, dan beberapa unsur lainnya.

Pembentukan desa percontohan Germas ini ditandai dengan pemukulan gong yang dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama oleh semua unsur yang hadir untuk turut mendukung dan membudayakan Germas.

Selanjutnya, Kepala Desa Kaloloa membacakan deklarasi desa percontohan Germas yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir dan dilanjutkan dengan kampanye makan buah dan sayur yang dipimpin Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Harun Masirri.

Camat Samaturu Drs. Kamal Arif menegaskan pembentukan desa percontohan Germas ini sejalan dengan program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Kolaka yaitu pemenuhan layanan kesehatan bagi masyarakat yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Salah satu upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yaitu melalui upaya kesehatan promotif dan preventif secara mandiri oleh masyarakat melalui Germas.

Camat Samaturu ini berharap pembentukan desa percontohan Germas ini dapat menjadi motivasi untuk senantiasa terlibat langsung dan bekerja sama serta meningkatkan peran sesuai dengan kewenangan dan kemampuan masing-masing agar implementasi atau penerapan Germas dapat terwujud dan berlangsung secara terus menerus.

Germas merupakan sebuah gerakan yang bertujuan memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi Germas diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat. Berbagai upaya penerapan Germas telah dilaksanakan dengan berbagai metode dan tempat. Akan tetapi upaya ini masih belum memberikan hasil yang maksimal sehingga Dinas Kesehatan Kolaka terus melakukan upaya dengan berbagai strategi dan salah satunya adalah penerapan Germas skala desa.

Selain kegiatan itu, dilaksanakan pula pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular berupa pemeriksaan tekanan darah, berat badan, gula darah, asam urat, dan kolesterol. Hal ini merupakan perwujudan dari salah satu indikator Germas yakni pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Dalam kesempatan ini pula, TP-PKK melalui kader kesehatan turut menebar semangat dalam menyukseskan desa percontohan Germas melalui yel-yel bertema masyarakat sehat dan produktif. (***)

Wartawan: DF





Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *