Kolaka Terkini

Mahasiswa PPL USN FKIP Kolaka Ada di SMAN 1 Mowewe

Kolakaonline- Kepala SMAN 1 Mowewe Kabupaten Kolaka Timur Samsul Bahri La Mbadjo menerima mahasiswa peserta Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terintegrasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sembilanbelas November Kolaka (USN-Kolaka) Sulawesi Tenggara, Jumat (6/1) pagi di sekolahnya.

Menurut Samsul Bahri, kegiatan yang dilaksanakan ini untuk mengenali dunia guru. Menurutnya guru merupakan pekerjaan mulia yang membimbing, mendidik, melatih, mengajari serta merefleksikan peserta didik.

“Insyaallah melalui komunikasi yang baik, kami dari pihak sekolah sangat terbuka. Mahasiswa yang praktik di sekolah ini, kami tempatkan sebagai guru, bukan mahasiswa yang sekadar bergiat di sekolah. Kami berharap selama berada di sekolah ini sekira tiga bulan, sekembalinya membawa banyak perubahan dan sekolah yang ditinggalkan juga memperoleh dampak perubahan terhadap buah kerja yang dilakukan di sekolah kami. Intinya terbangunnya sistem mutualisme yang saling menguntungkan, “tandas Samsul.

Dosen Pembimbing Mahasiswa PPL FKIP USN Kolaka, Takwa pada kesempatan itu mengaku jika pihaknya selalu berupaya menyinergikan kurikulum untuk kebutuhan dunia kerja.

“Dunia kerja atau dunia industri saat ini, menghendaki dan sangat membutuhkan tenaga kerja yang siap pakai. Karena itu, kami di kampus khusus di program studi menyinergikan kurikulum untuk kebutuhan dunia kerja tersebut. Melalui kebijakan dan operasionalnya beberapa prodi yang ada di USN Kolaka telah berupaya meninjau dan memperkuat kurikulum pengajaran dan pembelajaran termasuk membaca pasar dunia kerja dengan kesesuaian profil lulusan program studi yang ada, “ujarnya.

Sementara itu, Ketua PPL/KKN FKIP USN Kolaka, Rahedin Suwo, menjelaskan, pelaksanaan kegiatan tahun akademik 2022/2003, untuk pertama kalinya pihak kampus dalam hal ini FKIP menggelar PPL terintegrasi KKN mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan di empat kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara, yakni Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara, Kolaka Timur, dan Kabupaten Bombana.

“Setidaknya ada 40 sekolah yang menjadi sasaran (objek) berkegiatan dengan rincian, 25 sekolah di Kabupaten Kolaka, 6 sekolah di Koltim, 4 sekolah di Kolut, dan 5 sekolah di Kabupaten Bombana. Sekolah sasaran yaitu SMP dan SMA/SMK dan sederajat, dengan jumlah mahasiswa 221 orang, dan kegiatan yang terintegrasi untuk praktik mengajar (PPL), dan praktik pengabdian (KKN), “ungkap Rahedin yang juga Dosen Prodi Pendidikan Jasmani FKIP USN Kolaka. (Red)























Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button